RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4 ini berisikan pembahasan tentang Diriku - Aku dan teman baru dengan alokasi waktu masih 5x35 menit. Merupakan lanjutan dari postingan pembahasan pembelajaran 1 2 dan 3 yang bisa anda dapatkan melalui link berikut :
- Pembelajaran 1
- Pembelajaran 2
- Pembelajaran 3
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Isi RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4
Langkah-Langkah Kegiatan PembelajaranKegiatan Pembuka (±...............menit )
1.Guru memberikan salam pembuka di awal pelajaran.
2.Guru melakukan permainan untuk memancing pemahaman siswa tentang materi pelajaran pada hari sebelumnya.
3.Bentuk permainannya menyebutkan nama temannya
4.Setelah berdoa, kegiatan pun dimulai.
Kegiatan Inti( ±....................menit )
1.Guru mengajak siswa ke luar kelas. Seluruh siswa berbaris berdasarkan urutan tinggi badan.
2.Siswa diminta melakukan pemanasan sebelum melakukan kegiatan olahraga. Seluruh siswa berjalan dengan rapi mengelilingi lapangan.
3.Setelah pemanasan selesai, siswa dibagi menjadi dua kelompok yang sama banyaknya. Seluruh siswa di setiap kelompok diminta berbaris berjajar yang rapi saling berhadapan. Satu kelompok di sisi sebelah kiri, kelompok yang lain di sisi sebelah kanan guru.
4.Seluruh siswa diminta berjalan lurus ke satu arah menuju siswa yang berjajar di hadapan masing-masing. Kedua kelompok siswa saling bertukar posisi.
5.Setelah itu siswa diminta untuk mencari pasangan yang telah ditentukan sebelumnya. Karena nanti akan berpegangan tangan, siswa perempuan berpasangan dengan siswa perempuan, siswa laki-laki dengan siswa laki-laki. Setiap pasangan salah satu anggotanya memiliki nama dengan huruf pertama adalah konsonan.
6.Siswa lalu diminta untuk saling berpegangan tangan.
7.Seluruh pasangan dibagi dalam dua kelompok yang sama banyaknya dan berdiri berjajar saling berhadapan.
8.Guru kemudian menyediakan 2 set kartu huruf a-z. Masing-masing set kartu huruf dimasukkan di dalam sebuah kotak dan diletakkan di belakang masing-masing barisan.
9.Kali ini setiap pasangan berlomba untuk mencari kartu huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama masing-masing.
10.Setiap pasangan akan mencari kartu huruf tersebut di dalam kotak yang ada di seberang barisannya.
11.Sekali lagi seluruh siswa diminta berjalan lurus ke satu arah menuju siswa yang berjajar di hadapan masing-masing. Kedua kelompok siswa saling bertukar posisi bersama pasangan masing-masing.
12.Setiap pasangan tidak boleh menyenggol pasangan lainnya saat bertukar posisi.
13.Ketika selesai bertukar posisi, setiap pasangan berlomba mencari kartu huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama masing-masing. Kartu huruf hanya tersedia 1 set untuk masing-masing barisan sehingga tidak semua pasangan bisa mendapatkan huruf yang dimaksud. Siapa cepat dia dapat.
14.Setelah berlomba mendapatkan kartu huruf, semua pasangan kembali berdiri berjajar saling berhadapan dengan posisi yang rapi.
15.Guru mengamati setiap pasangan, mana yang bisa menemukan kartu huruf dan mana yang tidak.
16.Pasangan yang tidak mendapatkan kartu huruf harus menyebutkan huruf pertama dari nama masing-masing.
17.Sambil beristirahat (siswa boleh duduk dengan posisi kaki lurus ke depan), kegiatan ditutup dengan menanyakan pengalaman dan perasaan siswa saat melakukan kegiatan mencari huruf dengan berjalan lurus.
Siswa lalu kembali ke dalam kelas.
18.Guru menyampaikan bahwa siswa akan bermain tebak suara.
19.Sebelum bermain, minta semua siswa untuk menyebutkan nama masing-masing.
20.Saat seorang siswa menyebutkan namanya, siswa yang lain mendengarkan warna suara siswa tersebut. Minta siswa untuk mengingat warna suara teman-temannya.
21.Untuk memberi contoh cara bermain tebak suara, guru lalu menunjuk 10 orang siswa maju ke depan kelas.
22.Kesepuluh orang siswa itu berdiri membentuk lingkaran. Salah satu siswa dipakaikan penutup mata.
23.Setelah itu, secara acak salah satu dari sembilan siswa menyanyikan bait pertama lagu “Siapa namamu?”. Siswa yang memakai penutup lalu menebak nama siswa yang sedang menyanyi (berdasarkan warna suaranya), sambil menyayikan bait kedua lagu “Siapa namamu?”
24.Guru kemudian membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 8-10 siswa. Setiap siswa di setiap kelompok secara bergiliran memakai penutup mata dan menebak suara teman yang menjadi anggota kelompoknya.
25.Agar para siswa dapat focus dengan suara teman kelompoknya, maka setiap kelompok diatur posisinya agak berjauhan.
26.Guru melihat jalannya permainan dengan mendatangi setiap kelompok dan mengamatinya.
Kegiatan Penutup (±.................menit )
•Kegiatan ditutup dengan refleksi dan tanya jawab dengan siswa:
“Bagaimana perasaan kalian setelah mengikuti kegiatan hari ini?”
“Apakah ada bagian dari kegiatan yang sulit/mudah? Mengapa?”
“Ayo, sebutkan huruf pertama nama masing-masing!”
“Bagaimana kalian bisa membedakan warna suara teman?”
“Mengapa warna suara teman berbeda, ya?”
•Siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.
Penilaian Pembelajaran
1. Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
(lihat petunjuk penilaian)
2. Penilaian pengetahuan
- Tes tertulis
(Guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan mengapa mereka bisa menebak nama teman dari suaranya. Jawabannya karena setiap teman memiliki suara yang berbeda)
3. Penilaian keterampilan:
a. Penilaian Unjuk kerja: Berjalan lurus ke satu arah
b. Penilaian Unjuk kerja: Membedakan warna suara teman di kela
RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4 - kegiatan inti |
Download RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4
Link Download :Silahkan buka file RPP K13 SD Kelas 1 hasil revisi di atas menggunakan Microsoft Office Word
Posting Komentar